ISO 14001

ISO 14001
Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 merupakan sebuah standar internasional yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan untuk membantu organisasi meminimalkan pengaruh negatif kegiatan operasional mereka terhadap lingkungan yang mencakup udara, air, suara, atau tanah. Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah.
Tujuan secara menyeluruh dari penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) ISO 14001 sebagai standar internasional yaitu untuk mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran yang seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi. Manajemen lingkungan mencakup suatu rentang isu yang lengkap meliputi hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan kompetisi. Penerapan ISO 14001 juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Manfaat ISO 14001 yaitu:
1.        Menurunkan potensi dampak terhadap lingkungan
2.        Meningkatkan kinerja lingkungan
3.        Memperbaiki tingkat pemenuhan (compliance) peraturan
4.        Mengurangi dan  mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul.
5.      Dapat  menekan biaya produksi
6.        Dapat mengurangi kecelakaan kerja
7.       Dapat memelihara  hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah dan pihak-pihak yang peduli terhadap lingkungan.
8.     Memberi jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak manajemen  puncak terhadap lingkungan.
9.        Dapat  mengangkat  citra  perusahaan,
10.    Meningkatkan  kepercayaan  konsumen  dan
11.    Memperbesar pangsa pasar.
12.    Mempermudah memperoleh izin dan akses kredit bank.
13.    Dapat meningkatkan motivasi para pekerja.
Keuntungan dengan diperolehnya sertifikat ISO 14001 bagi Organisasi adalah sebagai berikut:
1.   Organisasi, dengan sistem manajemen mutu yang mereka targetkan dan kembangkan terus-menerus, secara tidak langsung juga mengurangi potensi mereka untuk menderita kerugian yang diakibatkan oleh denda atas rusaknya lingkungan sebagai dampak dari operasional mereka.
2.  Penghematan anggaran organisasi. Sebab dengan diberlakukannya Sistem Manajemen Lingkungan, organisasi menjadi lebih ketat dalam hal efisiensi sumberdaya dan biaya.
3.    Organisasi menjadi lebih responsif untuk menyesuaikan diri dengan peraturan terbaru tentang Lingkungan sehingga (sekali lagi) mengurangi resiko terkena denda atas polusi yang mungkin ditimbulkan.
4.    Menguatkan merek dagang dari organisasi tersebut (jika ada). Sebab dengan memberlakukan Sistem Manajemen Lingkungan, dapat membuat lebih banyak orang menjadi simpatik sebab organisasi yang bersangkutan sangat memperhatikan dan berusaha meminimalisir dampak lingkungan yang sekiranya mereka timbulkan.
          Standar iso dikembangkan melalui para delegasi nasional ahli dari komite teknis bertemu untuk membahas, debat dan berdebat sampai mereka mencapai konsensus perjanjian draft. Hal ini diedarkan sebagai Draft International Standar (DIS) untuk keanggotaan ISO secara keseluruhan untuk komentar dan pemungutan suara. Banyak anggota memiliki prosedur review publik untuk membuat standar draft dikenal dan tersedia bagi pihak yang berkepentingan dan masyarakat umum. Anggota ISO kemudian mempertimbangkan umpan balik yang mereka terima dalam merumuskan posisi mereka pada rancangan standar. Jika suara yang mendukung, dokumen, dengan modifikasi akhirnya, diedarkan kepada anggota ISO sebagai Final Draft International Standar (FDIS). Jika memilih adalah positif, dokumen ini kemudian dipublikasikan sebagai Standar Internasional. Setiap hari kerja tahun ini, rata-rata delapan pertemuan ISO sedang berlangsung di suatu tempat di dunia. Di sela-sela pertemuan, para ahli melanjutkan pekerjaan pembangunan standar 'melalui korespondensi. Semakin, kontak mereka dibuat dengan cara elektronik dan beberapa badan ISO teknis telah pergi lebih dari sekali untuk bekerja secara elektronik, yang mempercepat pengembangan standar dan pemotongan biaya perjalanan. 

Sumber:

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Nice ISO certification has different categories.

    ISO certification companies in India

Posting Komentar